Laman

Wednesday, April 10, 2013

Transaksi Online



Berbagai macam cara pembayaran online

Maraknya sistem penjualan secara online lebih mempermudah kita untuk berbelanja , dengan kehadiran  toko online mebuat kita tak perlu lagi repot untuk mendatangi store – store untuk mendapatkan barang yang kita inginkan, cukup hanya dengan memesan dari rumah. namun banyak orang mungkin bingung bagaimana melakukkan pembayarannya maka itu saya coba berikan solusinya, memang mungkin banyak orang takut untuk melakukkan pembelian secara online karena maraknya berita penipuan dan terlebih lagi kecanggihan teknologi yang bisa membaca dan mengetahui informasi dari kartu kredit ataupun ATM yang kita miliki, namun saya rasa ketakutan ini bisa kita minimalisir apabila kita mengetahui bagaimana sebenarnya transaksi secara online dengan cara yang aman. 

Mungkin ada beberapa cara pembayaran online yang telah kita ketahui secara umum :

a.Kartu Kredit
Penggunaan kartu kredit memang salah satu cara untuk melakukkan pembayaran secara online, namun penggunaan kartu kredit  untuk pembayaran secara online memiliki kelemahan yaitu kartu kredit bisa digunakan oleh orang yang namanya tidak tercantum dalam kartu

b. Internet banking
Pembayaran melalui internet banking memang bisa dinilai cukup aman untuk melakukkan transaksi secara online, namun apabila kita menggunakan internet banking ini di warnet misalnya atau di tempat umum dirasa sangat berbahaya,. Tekhnik intersepsi ini dilakukkan dengan menempatkan ‘ man in the middle ‘ ( intersepsi system elektronik / jaringan perantara pada saat sedang bertransaksi )

c. electronic cash
ini merupakan sebuah transaksi online yang menggunakan kode ataupun bisa dikatakan sepeti voucher dimana kita menaruh sejumlah nominal pada electoric account berbentuk susunan bit atau karakter dalam beberapa digit. Penggunaan electornik cash ini bisa dinilai lebih aman karena resiko transaksi hanya sebatas nominal pada kupon atau biasa di sebut sekarang token.

d. paypall
Layanan ini memungkinkan setiap orang untuk membayar dengan cara sesuai kehendak kita, termasuk melalui kartu kredit, rekening bank, kredit pembeli atau saldo rekening, tanpa memberitahukan informasi keuangan kita.Apabila diibaratkan, rekening PayPal itu mirip dengan rekening bank online, tapi rekening bank online terbatas hanya berlaku di satu negara. Dengan menggunakan paypall bisa memudahkan kita bertransaksi antarnegara.

No comments:

Post a Comment