Laman

Wednesday, March 27, 2013

Pelajaran Berharga dari Surat An Naml



Assalamualaikum wr. wb
Kilas Kaji Surat An – Naml

Menyibak singkat surat An Naml. surat An Naml sendiri termasuk golongan surat Makkiyyah dan mengapa dinamai An Naml yang berarti (semut) karena pada ayat ke 18 dan 19 dikatakan.

(27:18)
Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari”;
فَتَبَسَّمَ ضَاحِكاً مِّن قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

(27:19)
maka dia ( Nabi Sulaiman ) tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdo’a: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri ni’mat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”.
وَتَفَقَّدَ الطَّيْرَ فَقَالَ مَا لِيَ لَا أَرَى الْهُدْهُدَ أَمْ كَانَ مِنَ الْغَائِبِينَ

Dalam isi kandungan surat An Naml, di ceritakan bahwasanya Allah swt memberikan nikmat dan karunianya kepada para Nabi berupa Mukjizat dimana semua mukjizat yang di berikan adalah tanda kebesaran Allah. Nabi sulaiman yang di berikan karunia berupa kekayaan dan kekuatan politik sampai jin pun tunduk akan perintahnya juga mukjizat berupa bisa mengerti bahasa hewan , dan juga di berikan tongkat kepada nabi musa yang bisa berubah menjadi Ular dan membelah lautan , ini merupakan segelintir contoh kecil dimana  kekuasaan allah sangatlah nyata dan tiada tuhan selain Allah.

Selain itu surat An Naml ini juga bisa menjadi pelajaran untuk kita semua bahwasanya tak ada yang patut kita sombongkan tentang hal apapun di dunia ini apalagi kekayaan, karena nabi Sulaiman sekalipun ,masih tunduk dan bersujud kepada allah padahal harta kekayaanya mungkin perlu ribuan tahun waktu penghisabannya, dan nabi sulaiman pun tak hentinya untuk mengucap syukur kepada  Allah.

No comments:

Post a Comment