Laman

Wednesday, March 27, 2013

Memaknai pesan dengan Gambar



Desain Komunikasi Visual sebagai sarana informasi dan instruksi


Komunikasi pada masa ini bisa di terapkan dengan berbagai cara, komunikasi yang pada mulanya hanya berbentuk ucapan ataupun perkataan sekarang sudah berkembang dengan adanya visual atau dengan kata lain komunikasi dengan gambar ataupun symbol dan tanda , di kehidupan ibukota ini mungkin sudah tak tabu lagi kita melihat beraneka ragam visual baik itu berupa gambar ataupun text yang di tampilkan baik itu di jalan, perkantoran, mall , dll. Visualisasi sangat membantu menjelaskan tulisan atau text yang tidak di mengerti  misalnya saja untuk orang awam apabila mencari wc mungkin di kantor atau di mall tak ada tulisan wc mungkin adanya Restroom ataupun Toilet , yaa tentu saja orang awam akan kebingungan karena mereka tidak mengetahui apa arti dari Restroom karena bisa jadi pengertian mereka malah ruang istirahat hehe, Namun apabila melihat visualisasi seperti di bawah ini ya tentu saja mereka akan mengetahui bahwa restroom itu wc seperti yang mereka ketahui, dari sini saja sudah terlihat jelas bagaimana fungsi visualisasi bisa memberikan informasi secara lebih flexible sehingga orang awam sekalipun mengerti akan maknanya.





Beberapa contoh symbol yang umumnya sering kita lihat :
  
Iklan Batu Batrei

Iklan Rokok


jadi penggunaan visualisasi memang sangat syarat sekali sebagai media penyampaian pesan yang bisa membuat orang tertarik juga selain itu sebagai informasi yang menambah memperjelas makna pesan sendiri. contoh dalam dua visualisasi iklan di atas:

pada iklan pertama di perlihatkan visualisasi batrei di tempatkan di gardu listrik secara otomatis orang akan berfikir bahwa kekuatan batre disini memiliki daya tahan lama dan kekuatan besar layaknya listrik. 

Dan untuk gambar kedua visualisasi seorang wanita yang terbang dan memegang gitar ini bisa di maknai dengan kenyamanan dengan menggunakan produk yang di iklankan.

disinilah sisi lain visualisasi bisa mencakup makna yang mungkin kalo hanya dengan kata tidak bisa di bayangkan oleh orang akan gimana kenikmatan atau kekuatan dari produk diatas maka dengan visualisasi diharapkan orang bisa menggambar jelas makna yang ada pada visualisasi iklan tersebut


No comments:

Post a Comment