Laman

Monday, March 11, 2013

Jangan coba coba



Kecantikan alami tanpa merkuri


Kecantikan menjadi asset penting yang umumnya harus dimiliki oleh wanita apalagi dengan banyak produk – produk dengan tekhnologi canggih seperti masa kini, produk – produk kecantikan berlomba –lomba meningkatkan penjualan demi meraih keuntungan padahal dalam produk yang mereka jual bisa jadi mengandung bahan berbahaya bagi kulit wanita. Sembarangan dalam memilih produk kesehatan dan kecantikan yang digunakan malah bisa jadi membawa petaka besar  karena niat hati ingin mendapatkan kecantikan sejati malah berubah menjadi derita yang abadi. Inilah yang seringkali wanita harus sadari bahwa produk yang menjanjikan belum tentu bisa memberikan hasil optimal maka itu bagi para wanita sebaiknya hati – hati dalam memilih produk kecantikan karena sebagian produk di pasaran mengandung bahan - bahan kimia berbahaya yang tak aman jika digunakan.  


Seperti di sinyalir oleh BPOM saat ini di pasaran banyak kosmetik dan produk kecantikan yang amat sangat berbahaya bagi wanita  karena mengandung berbagai zat kimia sebut saja merkuri, dimana merkuri merupakan senyawa air raksa yang efeknya akan membuat kulit menjadi putih namun jangan senang dulu putih yang di dapatkan malah membahayakan , karena pemakaian merkuri yang dilakukkan secara berlebihan dan dengan jangka waktu panjang bisa menimbulkan berbagai gangguan pada kulit yaitu timbulnya bintik bintik hitam pada kulit dan juga alergi dan iritasi kulit tidak hanya itu merkuri juga bisa menyebabkan kerusakan permanen pada susunan syaraf, otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin bahkan paparan jangka pendek dalam dosis tinggi dapat menyebabkan muntah-muntah, diare dan kerusakan ginjal serta merupakan zat karsinogenik (menyebabkan kanker) pada manusia. Ciri-ciri: berwarna agak keperakan mengkilap.


Masih ada lagi beberapa senyawa kimia yang berbahaya bagi kulit wanita karena sembarangan dalam memilih kosmetika dan produk kesehatan, beberapa hal lain saya kutip dari BPOM paling tidak ada 3 senyawa lagi yang disinyalir berbahaya bagi kulit selain merkuri  yaitu :
 

1.Hidroquinone dengan kadar lebih dari 2%

Hidrokinon termasuk golongan obat keras yang hanya dapat digunakan berdasarkan resep dokter. Bahaya pemakaian obat keras ini tanpa pengawasan dokter dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit menjadi merah dan rasa terbakar, bercak-bercak hitam.



2. Asam Retinoat / Tretinoin / Retinoic Acid

dapat menyebabkan kulit kering, rasa terbakar, teratogenik (cacat pada janin). Ciri-cirinya: berwarna kuning (krim), digunakan hanya pada malam hari dan tidak boleh terkena cahaya matahari langsung saat memakai produk


3. Bahan pewarna Merah K.3 (CI 15585), Merah K.10 (Rhodamin B) dan Jingga K.1 (CI 12075) merupakan zat karsinogenik. Rhodamin B dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati.


Oleh karena itu janganlah sembarangan memilih produk kosmetik dan kesehatan jika anda tidak ingin kecantikan yang anda impikan malah menjadi derita keabadian.


Untuk anda yang ingim membeli kosmetik ataupun produk kesehatan , saya memiliki beberapa tips yang bisa anda gunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pembelian produk kosmetik yang aman tanpa merkuri, karena secara kasat mata bahan kosmetik yang bermerkuri atau tidak dapat di bedakan, berikut saya paparkan cara agar anda terhindar dari bahan yang tak aman :



1. Mengkilap
krim pemutih mengkilap ternyata bukan pilihan baik. Bukan serta merta krim mengkilap baik untuk kulit. Biasanya, krim berbahaya berwarna kuning dan putih mengkilap seperti mutiara.


2. Lengket
Krim pemutih berbahaya cenderung memiliki tekstur lengket. Hal itu disebabkan krim sudah dicampur bedak. Selain itu, krim terasa kasar dan menggumpal saat digunakan.


3. Aroma Menyengat
Produsen biasanya mencampur krim dengan parfum dengan bau menyengat. Ini dilakukan agar bau logam berbahan dasar berbahaya tidak tercium oleh penggunanya.


4. Panas
Krim yang tidak sehat biasanya ditandai dengan rasa panas saat digunakan. Cara mencaritahunya mudah. Oleskan krim ke belakang leher. Jika terasa panas, gatal, atau perih, jangan coba-coba gunakan krim itu. Efek lainnya yang ditimbulkan krim tak sehat itu adalah kulit akan menjadi kemerahan.


5. Pucat
Perhatikan kulit usai memakai krim. Jika kulit malah terlihat pucat, Anda boleh was-was. Karena, krim pemutih pada dasarnya memutihkan kulit secara alami, bukan seketika.


6. Nomor Registrasi
Produk ilegal atau memiliki bahan merkuri dan bahan berbahaya lainnya biasanya pasti tidak memiliki izin dari BPOM. Otomatis, nomor registrasi tidak akan tercantum pada kemasan produk. Sebaiknya, Anda tidak membeli produk yang tidak mencantumkan izin dari BPOM.


Untuk itu dalam menjatuhkan pilihan kosmetika yang aman dan tidak merusak kulit anda perlu melakukkan penelitian lebih sebelum anda membeli dan menggunakan produk yang beredar di pasaran karena jika saja anda salah dalam menggunakan produk akibat yang dapat timbul nantinya akan menjadi penyesalan yang tiada akhir untuk anda karena anda mungkin harus mengeluarkan uang besar untuk mengobati berbagai dampak yang di tibulkan dari kosmetika yang anda gunakan.

Sekian dari saya wassalamualaikum wr wb

No comments:

Post a Comment